Saturday, May 23, 2015

MENGENAL LEBIH DEKAT JENIS-JENIS IKAN AQUASCAPE

Hallo sobat, disekmen Hobi (Aquascape) kali ini admin akan membuat artikel mengenal lebih dekat jenis-jenis ikan untuk aquascape. Kembali pada inti dari Aquascape adalah pemandangan alam yang menonjolkan keindahan alam berupa susunan bebatuan, ranting dan tanaman-tanaman hijau yang kita tanam adalah paling utama, dan untuk ikan dianjurkan memakai ikan yang cocok dengan ekosistem didalam aquascape yang secara tidak langsung bisa melakukan perawatan tanaman-tanaman, batu, kaca aquarium, dan air agar tetap bersih dari kotoran lumut dan algea.

adapun ikan-ikan hias untuk aquascape banyak yang menggunakan ikan-ikan kecil agar pemandangan didalam aquascape terkesan lebih menonjol dan cantik apalagi kalau thema aquascape adalah miniatur alam seperti sungai, padang rumput, atau bukit-bukit pasti sangant cantik dan enak dipandang.

Berikut adalah jenis-jenis ikan dan udang yang dianjurkan untuk Aquascape,
untuk selera, anda yang menentukan warna dan bentuk ikan apa yang bagus dan cocok untuk Aquascape.

JENIS IKAN AQUASCAPE

1.IKAN RAINBOW


Ikan yang peredaranya dari papua nugini ini adalah ikan yang cukup damai dan sangat indah jika ditaruh di aquascape secara berkelompok. Ikan ini memakan jenis makanan berupa cacing beku, pelet, dan memakan crustacea kecil.

2. IKAN MANFISH


Ikan yang cantik bernama latin PTEROPHYLLUM SCALARE ini mempunyai sifat kalem dan tenang.Ikan ini senang memakan pelet,cacing beku,dan udang.Ikan ini sedikit usil karena jika ada ikan kecil di dekatnya kadang buntut ikan kecil itu akan digigit dengan ikan ini dan senang memakan udang hias anda.Ikan ini cocok ditaruh untuk aquascape karna ikan ini tidak memakan tumbuhan.jadi untuk kebanyakan orang yang mempunyai aquascape dengan kapasitas tanaman yang banyak dengan udang sebagai pembersih dianjurkan tidak memelihara ikan ini. kecuali aquarium berukuran besar udang tidak terlalu khawatir karena udang bisa bersembunyi di sela-sela batu dan tumbuhan.

3. IKAN CONGO TETRA


Ikan ini berasal dari sungai kongo di afrika.Ikan ini mempunyai warna yang indah dan mempunyai nama latin PHENACOGRAMMUSINTERRUPTUS. Ikan ini memakan krustasea kecil dan memakan pakan buatan dan cocok untuk aquascape karna tubuhnya yang berwarna warni dan tidah memakan tumbuhan.

4. IKAN RED LINE TORPEDO BARB


Ikan yang mempunyai ciri garis merah dan panjang seperti torpedo ini adalah jenis dari ikan barb dan ikan mempunyai nama latin PUNTIUS DENISONII adalah ikan yang memakan pelet,cacing beku,krustacea kecil dan udang.Ikan ini bagus untuk aquascape yang berukuran panjang.

5. IKAN GUPPY


Ikan yang mempunyai julukan millionfish ini adalah ikan livebearer dan mempunyai nama latin POECILIA RETICULATA.ikan ini bisa dimasukan ke dalam aquascape dan bisa berdampingan dengan udang hias. makanan ikan guppy antara lain flake, cacing rambut, cacing darah, cacing beku, kutu air, dan chu.selain cantik ikan ini juga berguna untuk membersihkan minyak di permukaan air akibat proses fotosintesis tanaman.

6. IKAN TETRA


Semua jenis tetra bisa masuk ke dalam aquascape.ikan jenis ini mempunyai beberapa macam yaitu cardinal tetra, neon tetra, black neon tetra, blue tetra, silver tetra, lemon tetra, red eye tetra, dll.Ikan jenis ini memakan pelet, cacing dan cacing beku. Dianjurkan untuk memelihara dalam jumlah banyak karena jenis ikan kecil ini suka bergerombol dan terkesan cantik apabila mereka lalu-lalang dengan bergerombol.

7. IKAN BLACK MOLLY


Ikan black molly mempunyai nama latin POECILLIA SPENOPS dengan ciri ciri badan berwarna hitam.Ikan ini memakan algae, pelet, dan krustacea kecil.Ikan ini termasuk ikan live bearer.Ikan ini mempunyai kerabat dengan ikan guppy dan mempunyai beberapa jenis seperti sailfin mollydan ballon molly.

8. IKAN PLATY


Ikan yang populasinya berasal dari sungai ini mempunyai nama latin XIPHOPHORUS MACULATUS adalah ikan yang pendamai dan juga termasuk ikan live bearer.Ikan ini sangat cocok di aquascape karena selain indah, ikan ini juga pendamai pada ikan yang lain dan juga udang hias anda.Ikan ini memakan jenis makanan berupa pelet kecil, cacing dan krustacea kecil.

9.IKAN ZEBRA DANIO


Ikan yang mempunyai nama latin BRACHIDANIO RERIO adalah ikan yang berwarna warni yang sangat karena telah diberi gen ubur ubur pada telur ikan tersebut.Ikan ini memakan jenis makanan pelet, cacing, dan krustacea kecil.Ikan ini senang menggigit buntut ikan lainya dan senang memakan anakan ikan dan udang.untuk aquascape yang ada udangnya jangan terlalu khawatir dengan ikan jenis ini karena bentuknya yang tidak terlalu besar jadi resiko udang di jadikan santapan sangat kecil.

10. IKAN RASBORA


Ikan yang suka berkelompok ini sangat cantik dan menawan jika di taruh di aquascape anda dengan berkelompok.Ikan ini memakan pelet, cacing, dan crustacea kecil. Ikan ini mempunyai beberapa jenis seperti rasbora harlequin, rasbora galaxy, dan rasbora hengli.

11. IKAN CAE (Chinese Alga Eater)


Ikan CAE atau LAE ini adalah ikan pemakan lumut dan sisa sisa makanan ikan.

Ikan ini bisa tumbuh dari 10-20 cm dan mempunyai nama latin GYRINOCHEILUS AIYMONIYERI.Ikan ini sangat rajin memakan algae di waktu kecil dan jika sudah besar ia jarang memakan algae.untuk aquascape dengan dasar pasir dua warna tidak di sarankan memelihara ikan ini karena sifatnya yang agresif dan jail akan membuat pasir berantakan dan tercampur, tapi diantara semua ikan jenis pembersih / Office Boy / Cleaning Service ikan ini termasuk ikan yang mudah di pandang karena seperti jenis sapu-sapu bentuknya kayak monster hehe..

12. IKAN SAE (Siamese Algae Eater)


Ikan yang mempunyai nama latin CROSSOCHEILUS SIAMENSIS adalah ikan yang rajin dibandingkan Ikan CAE dan memakan semua jenis algae.Jika algae di aquascape anda sudah habis maka dia akan memakan tumbuhan moss yang ada di aquascape anda. Ikan ini juga bisa di beri makan berupa pelet tenggelam ataupun mengambang dan juga memakan cacing.untuk pemelihara ikan ini dianjurkan untuk aquascape dengan tanaman dan moss yang cukup banyak karena semakin banyak tanaman dan moss maka pertumbuhan algea juga akan semakin banyak dan ikan SAE tidak akan kehabisan cemilan algea dan moss kita akan tetap aman gak jadi cemilan karena algea banyak tumbuh hehe (berharap sih gak ada algea biar tanaman tetap seger) intinya ikan jenis ini pembasmi algea yang cukup ampuh.

13. IKAN CORYDORAS
  
Ikan yang mirip tikus ini memakan algae dan suka menggali di substrate maka dari itu tidak disarankan untuk pasir dengan dua warna memelihara ikan ini karena akan berantakan di gali pasir-pasirnya.pada aquascape ini adalah ikan yang bisa beradaptasi dengan cepat pada aquarium anda khususnya, ikan ini juga memakan sisa sisa makanan yang tidak habis dimakan ikan yang lainya jadi gak mubazir hehe ikan ini juga banyak pilihan warna dan coraknya loh, jd bisa pilih warna dan corak ikan sesuai selera.

14. IKAN OTOCINCLUS


Ini dia ikan yang paling di anjurkan untuk aquascape karena ikan ini termasuk ikan yang sangat ampuh membasmi lumut dan algea di aquascape.Ikan ini mempunyai postur tubuh yang kecil hanya sekitar 5cm, dapat di beri makan timun jepang atau zucchini atau sejenisnya jika algae di dalam tank sudah habis.dengan harga yang relatif mahal di bandingkan dengan ikan pembersih yang lainnya ikan ini juga susah di dapatkan karena jarang yang menjual ikan ini.

15. BRUSHMOUTH


Pemakan lumut yang efektif terutama untuk lumut Green Spot. Penghuni dasar aquarium. Bertemperamen rendah, kalau dari bentuknya memang kurang menarik karena bentuk dan warnanya yang kurang menarik (agak serem) hehetapi dari fungsi dan kegunaan ikan ini cukup bagus untuk membersihkan lumut yang merajalela.Dapat tumbuh sampai 7 cm dalam aquarium bertanaman.

Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung, sampai bertemu lagi di artikel berikutnya. 


1 comment: