Saturday, June 13, 2015

Jelajah Kota Sukabumi (Salabintana)

Hamparan rumput yang luas ditambah panorama pepohonan pinus yang rapat seolah menciptakan surga di depan mata. Anda dapat menikmati keindahan alam dan hawa pengunungan yang masih sejuk di sini bersama keluarga. Jadi, jangan lupa untuk membawa peralatan piknik kapanpun Anda berkunjung.

Sebelum bercerita tentang perjalanan ane disini  mari kita intip dulu sejarah dan lokasinya, Objek wisata ini terletak di kaki gunung Pangrango, tepatnya 7 km ke arah utara kota Sukabumi. Selabintana seringkali menjadi tujuan wisata karena kesejukan udaranya. Dan tentu saja keindahan pemandangannya karena dipenuhi pohon-pohon besar nan rindang. Selabintana di kaki Gunung Gede-Pangrango ditemukan AAE Lenne (1853- 1916), seorang pengusaha berkebangsaan Belanda. Jiwa bisnis Lenne mendorong dia memoles Selabintana menjadi kompleks peristirahatan dengan konsep bangunan menyatu dengan alam. wisatawan akan mendapatkan jejak sejarah peninggalan Belanda yang dipadu dengan panorama Gunung Gede-Pangrango. Hotel yang dibuat pada tahun 1900-an oleh seorang berkebangsaan Belanda tetap bertahan hingga kini dan masih menjadi ikon Selabintana.

Lokasi Taman Rekreasi Selabintana Sukabumi:
Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Kota Sukabumi
Koordinat : 6° 52' 14" S, 106° 57' 9" E

Oke awal mula, ane bersama 5 temen ane berencana mengisi liburan diluar kota karena liburan dijakarta terlalu mainstream hingga bosan rasanya bila berlibur hanya didalam kota saja.Dan setelah melalui proses musyawarah dan mufakat yang panjang wkwkw..  Akhirnya fix pilihan jatuh trip kekota sukabumi.Oke ane bersama ke5 temen ane melaui perjalanan yang cukup panjang  haha dari kmp.melayu ane naik busway arah pasar rebo , memang rencana awal ane bersama temen ane pengen liburan yang gak ribet tinggal duduk santai dan  menikmati perjalanan dengan tenang. Oke setelah sampai terminal pasar rebo ane naik bus antar kota .. ane lupa nama busnya tp trayeknya jakarta-sukabumi, oke harga tiket kurang dari 20ribu pada saat itu hehehe cukup murah lah yah... kira2 perjalanan dari jakarta ke sukabumi kurang lebih 5 jam mungkin karna ane terjebak kemacetan ditengah perjalanan tp gak jd masalah karna terbayarkan dengan pemandangan yang indah disepanjang perjalanan :D setelah sampai dipemberhentian paling akhir tepatnya diterminal kota sukabumi ane bersama ke5 temen ane berwisata kuliner melepas lelah dan bersantai sejenak. Setelah berbincang2 santai ane dan kelima temen ane fix mencari penginapan murah disini,ternyata temen ane memiliki kerabat disini berbekal referensi kerabat temen ane,ane bersama ke5 temen ane menginap disebuah rumah yang disewakan untuk turis seperti ane hahaha bukan hotel bukan losmen dan sebagainya rumah ini layaknya rumah kontrakan sederhana dgn harga yg cukup murah untuk bermalam disukabumi.setelah sampai ane beristirahat dan bermalam disini....

keesokan harinya ane berkeliling dikota sukabumi.. kota yang sejuk nyaman dan asri. tidak terasa berjalan kaki ane tiba di alun2 kota sukabumi. penataan kota ini sangat indah dan rapih. ane dan teman2 ane beristirahat sejenak ditaman dekat alun2 kota sukabumi untuk melepas lelah.

setelah puas mengelilingi kota sukabumi dipagi hari ane bersama teman2 ane mencari tempat sarapan heheheh laper bro jalan2 mulu.....

Setelah itu kami pulang kepenginapan untuk beristirahat... dilanjut malam hari kami menelusuri kota sukabumi karena ingin melihat situasi kota pada saat dimalam hari. suasana sangat ramai karna malam ini tepat malam minggu, apa lagi dialun2 kota banyak warga sukabumi menghabiskan malam minggunya dialun2 untuk bersantai ria. setelah kealun2 kami berkunjung ke pasar malam sukabumi entah pasar yang buka dimalam hari atau hanya pasar malam yang banyak ditemui dijakarta diwaktu tertentu. kami memutuskan mencari tempat untuk makan malam. setelah puas menelusuri sudut2 kota dimalam hari kami memutuskan pulang kepenginapan, karna keesokan harinya kami ingin berkunjung ketempat wisata kaki gunung gede pangranggo (SALABINTANA).

oke keesokan pagi harinya kami berjalan kaki dari penginapan ke arah alun2 kota sukabumi lalu dari alun2 kami naik angkutan kota arah salabintana ongkos cukup murah 5ribu satu orang. perjalanan kesalabintanan dari pusat kota sukabumi memang lumayan jauh, jalanan semakin curam keatas hehehe tp sayangnya cuaca kurang mendukung agak mendung tp itu tidak menyulutkan kami tidak jadi kesalabintana. setelah sampai kami dibuat takjub karna suasana sanggat asri indah dikelilingi pohon2 besar yang rindang.

Tidak terasa kami sudah sampai dikaki gunung gede pangranggo(SALABINTANA).lalu tidak panjang lebar kami membeli tiket masuk Rp.5000/orang

Disini juga menyediakan banyak tempat hiburan,penginapan dan tidak lupa musollah untuk beribadah.berikut tempat2 yang ane kunjungi disini :

setalah itu kami pulang lalu esoknya kami kembali kejakarta....

Sekilas info tentang salabintana dari berbagai sumber :

Aksesibilitas

cara menuju kawasan objek wisata selabintana dari jakarta, Bekasi, Tangerang, Bandung maupun kota lainnya terbilang sangat mudah, cukup dua kali naik kendaraan umum pengunjung bisa sampai di depan pintu masuk. Rute pertama ialah menggunakan bus menuju terminal sukabumi, kemudian dilanjutkan dengan naik angkot no 15 yang langsung mengantarkan dan berhenti di pintu masuk selabintana.

Fasilitas Standar

Fasilias yang disediakan diantaranya adalah mushola, penginapan, tempat parkir serta WC Umum. Harga tiket masuk ke selabintanan yaitu Rp. 5000. Ada biaya tambahan untuk paarkir serta fasilitas lainnya seperti kolam renang.

Hotel di Sekitar Selabintana Sukabumi

Banyak akomodasi seperti penginapan dan hotel yang tersebar di sekitar wilayah salabintana. Sebagai informasi yang dibutuhkan para pengunjung, berikut daftar nama hotel, alamat, nomor telepon dan tarif hotel dan penginapan disekitar Selabintana Sukabumi:
1. Hotel Selabintana Resort
beralamat di Jalan Selabintana kilometer 7, Sukabumi, Jawa 43100, Indonesia Nomor Telepon:(0266)221501
Tarif hotel terbaru 2014 di Selabintana Resort
A. Heritage bungalow
Jennis penginapan yang pertama di Selabintana Resor adalah Heritage bungalow dengan tarif sebagai berikut:
One bed room (a,b,g,h). Tarif Rp. 585.000,-
Fasilitas: 1 kamar tidur + 1 kamar mandi + 1 ruang tamu
Two bed rooms (c,d). Harga sewa Rp. 975.000,-
Fasilitas: 2 kamar tidur + 2 kamar mandi + 1 ruang tamu
One bed room vip (e,f). Rate Rp. 975.000,-
fasilitas: 1 kamar tidur + 1 kamar mandi + 1 ruang tamu
B. Maissonete tarif RP. 1.320.000,-
Fasilitas: 3 Kamar Tidur, Ruang Tamu, sarapan Pagi untuk 6 Orang, amar Mandi Air Hangat, TV Kabel, Wifi, Toiletries + Sandal, Pantry serta Waterboom.
C. Standard room. Harga per malam Rp. 300.000,-

Lokasi di JalanSelabintana Km.7, Sukabumi Jawa Barat
Telepon : (0266) 223-204 / Fax : (0266) 223-383

3. Resor Pangrango
Resort ini juga berada di Jl. Selabintana Km 7 Sukabumi, Jawa Barat 43151, Indonesia
Dengan nomor telepon. (0266) 211532, 211533, 2231197

4. Hotel Sarah
Jl. Selabintana km 6 , sukabumi, Jawa Barat Indonesia
Phone: (0266) 219857
Adapun Fasilitas di hotel ini adalah Restaurant, Kolam renang, Meting Rooms, Loundry Service, Satelit Channels, Refrigerator

5. Hotel Prima Resort Sukabumi
Alamat : Jl. Raya Wanasari No. 128, Sukabumi - West Java 43151
No. Tel: (0266) 210300 Fax.(0266) 211242
email : hpgselabintana@hotelprimagrup.com
Facilities: Superior, Standard Rooms, and Cottages Restaurant Meeting Room Swimming Pool Children Playground TV Water heater

6. Hotel Melinda

lokasi: Jl. Selabintana, Jawa Barat
No.Telepon : +62-266 224818

11. Intan
lokasi: Jl. Selabintana, Sukabumi, Jawa Barat.
Phone : 0266-223091

12. Karawang Indah
Alamat: Jl.Karawang Selabintana Sukabumi, Sukabumi.
Nomor Tlp.0266-228762
* Semua tarid diatas dapat berubah sewaktu waktu sesuai aturan dan kebijakan yang berlaku.

Demikian informasi mengenai segala yang ada kaitannya dengan objek wisata Selabintana Sukabumi, seoga bermanfaat buat semua wisatawan.
Bersumber dari situs resmi dinas pariisata jawa Barat - disparbud.jabarprov.go.id

Jangan lupa berkomentar dan like fp blog ini terima kasih :D

1. gan kalo naik umum dari jakarta turunnya dimana? klo kesalabintananya naik apa?

2. diterminal kota sukabuminya ajah gan pokoknya pemberhentian paling ujung klo naik bis dari jakarta, terus jalan sedikit kearah alun2 kota sukabumi nah nanti ada angkunan kota ke tempat wisata salabintana gan tp ane lupa angkunannya no brapa.mungkin agan bisa tanya ajah sama orang disana.cukup sekali kok gan naik angkutan kearah salabintananya.

3. Terimakasih sudah berkunjung dan eksplor sukabumi 🙏

4. keren cocok buat rombongan keluarga

5. keren infonya dan jangan lupa mampir ke blog ane di ZonaInfo29.blogspot.com

6. keren gan infonya dan jangan lupa mampir ke blog ane zonainfo29.blogspot.com haha

7. bagus sekali infonya dan jangan lupa mampir ke ZonaInfo29.blogspot.com ada banyak hadiah yang menunggu anda

8. Hello There. I found your blog using msn. This is a really well written article.
    I will be sure to bookmark it and return to read more of your useful information. Thanks for the post.
    I'll definitely return.

9. Great web site you have here.. It's hard to find high quality writing like yours these days.

I really appreciate individuals like you! Take care!!

10. Howdy, i read your blog from time to time and i own a similar one and i
    was just curious if you get a lot of spam comments?
    If so how do you stop it, any plugin or anything you can recommend?
    I get so much lately it's driving me crazy so any assistance is very much appreciated.

11. I blog often and I seriously thank you for your content. This article has truly peaked my interest.
    I am going to book mark your website and keep checking for new details about once
    per week. I opted in for your RSS feed as well.

12. makasih gan info wisatanya. jadi pengin ke sana. sejuk bgt kayaknya ya. indah alamnya. sukses terus utk blog agan. makasih