Thursday, May 21, 2015

APA SIH AQUASCAPE ITU?

Hallo sobat, disekmen Hobi (Aquascape) kali ini admin akan membuat artikel tentang APA SIH AQUASCAPE ITU? 


Mengenal Aquascape

Aquascape adalah seni mengatur tanaman air dan batu, batu karang, koral, atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam akuarium sehingga memberikan efek seperti berkebun di bawah air. Aquascape biasanya terdiri dari ikan disamping juga tanaman. Walaupun bisa juga untuk menciptakan aquascape dengan tanaman saja, atau hanya dengan batu atau komponen lain tanpa ada tanaman.

Tujuan utama dari aquascape adalah untuk menciptakan sebuah gambaran “bawah air”, sehingga aspek teknis pemeliharaan tanaman air juga harus dipertimbangkan. Banyak faktor yang harus seimbang dalam ekosistem dari sebuah tangki akuarium untuk memastikan keberhasilan terciptanya sebuah keindahan dari seni aquascape.Faktor-faktor ini meliputi penyaringan (filtrasi), mempertahankan kadar karbon dioksida (CO2) pada tingkat yang cukup untuk mendukung fotosintesis bawah air, substrat dan pemupukan, pencahayaan, dan kontrol alga (lumut).Desain Aquascape sendiri mencakup sejumlah gaya yang berbeda-beda.

SEJARAH AQUASCAPE 
Aquascape adalah seni menata atau mengatur tanaman di dalam air sehingga menjadi sebuah taman atau kebun air yang indah yang diperlengkap dengan hadirnya ikan-ikan yang cantik. Aquascape dimulai di Negeri Jepang. Dan berasal dari negeri sakura tersebut. Pada tahun 1990, seni aquascape ini diperkenalkan oleh Takashi Amano yang berasal dari Jepang. Takasi Amano adalah seorang pencinta aquarium. Yang membuat seni aquascape menjadi sebuah seni menata aquarium yang terkenal di seluruh dunia. Ia juga menjadi seorang aquascaper yang paling berpengaruh di dunia. 

Teknik aquascape Takashi Amano ini meniru sebuah pemandangan alam yang ada di Jepang dengan gaya susuna aimetris yang relatif. Teknik dan gaya aquascape seperti ini menjadi teknik yang paling disukai dan digunakan oleh para aquascaper yang lain. Beberapa spesies tanaman yang unik dan sesuai dengan karakteristiknya, batu serta kayu apung yang bagus dijadikan perpaduan yang menarik dan pemilihan yang tepat oleh Takashi Amano yang kemudian banyak ditiru oleh sebagian besar aquascaper yang mengagumi beliau. Salah satu konsep yang paling terkenal dan banyak digunakan yaitu konsep estetika yang dinamakan konsep Jepang wabi-sabi. Konsep ini menonjolkan sebuah kefanaan dan gaya minimalis dari sebuah seni aquascape.

BERIKUT CONTOH  AQUASCAPE AIR TAWAR DAN AIR LAUT 

AQUASCAPE AIR TAWAR





AQUASCAPE AIR LAUT



Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung, sampai bertemu lagi di artikel berikutnya. 

No comments:

Post a Comment