Saturday, July 11, 2020

Budidaya Pisang (Lahan Kosong Menjadi Produktif)

Hallo sobat, sekmen Peluang Usaha kali ini admin akan memberikan sedikit tip untuk sobat sekalian tentang cara Budidaya Pisang (Lahan Kosong Menjadi Produktif).
Pisang merupakan tumbuhan yang berdaun besar yang memanjang dengan berbagai jenis. Buah pisang tersusun dalam tandan yang menjari yang disebut sisir. Warna buah pisang yang matang biasanya berwarna kuning atau hijau, bahkan ada yang hitam. Buah pisang bermanfaat sebagai makanan karbohidrat yang mengandung banyak vitamin dan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.


Sementara itu, daun pisang berguna untuk keperluan rumah tangga seperti membungkus makanan dan lain-lain. Buah pisang rasanya manis dan enak. Siapapun menyukai buah pisang ini, mulai anak-anak sampai orang dewasa. Pisang menjadi buah yang disukai banyak orang di masyarakat tanah air hingga sekarang. Buah pisang sebagai bahan pencuci mulut sekaligus bahan olahan masakan seperti pisang cokelat, kolak dan lain sebagainya. Pisang memiliki kandungan gizi yang tinggi dengan harga yang sangat terjangkau.
Peluang bisnis budidaya pisang merupakan salah satu jenis usaha yang menjanjikan dijalankan. Usaha budidaya pisang sangat mudah dilakukan dan tak membutuhkan modal yang besar. Permintaan akan pisang  tak pernah turun. Bahkan permintaan akan pisang semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini menjadi peluang usaha yang bisa dijalankan sekarang ini, yakni usaha rumahan budidaya pisang. Usaha ini bisa dijadikan pekerjaan sampingan yang bila ditekuni secara serius bisa menghasilkan kentungan yang sangat lumayan.
Adapun cara membudidaya pisang sangat mudah, hanya memerlukan lahan yang cukup luas. Pisang dapat tumbuh di daerah sub tropis dan tropis seperti di Indonesia. Cara menanam pisang terbilang mudah. Anda hanya mencari tunas baru, lalu membuat lubang berukuran 60 cm x 60 cm dengan jarak antar pohon 3 s/d 4 meter. Setelah itu masukkan tunas pisang ke dalam lubang. Supaya pohon pisang tumbuh maksimal hendaknya diberi pupuk urea dan pupuk kandang untuk menambah kesuburan tanah. Dan tak lupa, senantiasa memberantas hama, gulma yang biasanya menyerang pohon pisang. Walaupun demikian, pohon pisang terkenal sebagai tumbuhan yang tahan terhadap serangan penyakit atau hama.
Peluang usaha ini sangat menjanjikan dijalankan di pedesaan-pedesaan yang memiliki lahan yang luas dan tanah yang subur. Banyak sentra industri baik di perkotaan maupun di pedesaan yang membutuhkan pisang sebagai bahan baku. Seperti untuk industri keripik pisang, industri roti, industri sale, dan lain sebagainya. Peluang bisnis budidaya pisang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.
Demikianlah sedikit ulasan yang membahas peluang bisnis rumahan budidaya pisang. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca dalam menentukan dan memilih suatu usaha yang cocok bagi anda kelak. Terima kasih sudah berkunjung, sampai bertemu lagi di postingan selanjutnya  :)



1 comment: