Sunday, July 12, 2020

Budidaya Ikan Cupang Murah dan Menguntungkan

Halo sobat, Sekmen Peluang Usaha kali ini admin akan memberikan sedikit tips dan cara Budidaya Ikan Cupang Murah dan Menguntungkan. Mungkin banyak orang yang mengira beternak ikan cupang adalah pekerjaan yang susah dan membutuhkan biaya yang sangat mahal dalam prosesnya, Namun anggapan tersebut menurut admin adalah salah besar. Karena pada dasarnya membudidayakan hewan ini tergolong mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar serta tidak membutuhkan tempat yang luas untuk memelihara ikan ini. Jika anda tertarik untuk membudidayakan ikan ini silahkan baca ulasan berikut.


Pertama-tama siapkan indukan ikan cupang yang bagus dan siap dikawinkan minimal berusia 3-4 bulan dengan ciri-ciri ikan cupang jantan sudah mengeluarkan gelembung-gelembung, bentuk badan dan siripnya pajang, warna agak terang atraktif, gerakan lebih agresif dan lincah kemudian untuk indukan ikan cupang betina yang sudah siap kawin memiliki ciri-ciri sudah ada bercak putih pada kelaminya, bentuk badan membulat, bagian perut agak buncit, mempunyai sirip pendek dan warnanya kusam dan gerakan lebih cenderung lambat.

Cara pemijahan ikan cupang

Pilih indukan ikan cupang yang sudah di pilih dalam wadah aquarium atau baskom.
Jangan satukan dulu sijantan dan betina,pisahkan dengan cara masukan sibetina dalam toples bekas selai atau semacamnya tapi dalam satu wadah aquarium seperti dalam gambar dibawah ini, biarkan 1-2 malam.hal ini dimaksudkan supaya ikan jantan tidak menyerang ikan betina secara agresif dan dapat megakibatkan matinya sibetina,karna ikan cupang juga butuh pdkt mas brooo hahaha 


Biarkan proses tersebut kurang lebih selama 42 jam/2 hari.Pada hari pertama ikan cupang jantan akan membuat gelembung untuk telur dan dihari kedua bila sudat tidak ada tanda2 agresif sijantan satukan saja sibetina dan sijantan dalam satu wadah yang sama lalu biarkan supaya terjadi proses perkawinan seperti gambar dibawah ini:


Simpanlah wadah aquarium atau baskom tersebut di tempat yang gelap dan jangan di pindah-pindah kerena jika telur tersebut jatuh dari gelembung maka telur tersebut akan busuk/mati dan dalam proses tersebut akan jantan tidak usah diberi pakan.Biarkan proses tersebut berjalan selama 10 hari atau satu minggu,setelah itu pisahkan indukan ikan cupang jantan kemudian pindahkan anakan-anakan ikan cupang ketempat yang lebih besar secara hati-hati untuk mengurangi kematian.

anakan ikan cupang dipindahkan 

Untuk pakan anakan ikan cupang yang berumur satu minggu dapat dikasih makan air kol (air hasil rendaman sayur kol) karena air hasil rendaman sayur kol mengandung bakteri/plankton atau bisa juga diberi makan kutu air yang sudah disaring.

makanan untuk ikan cupang

Mudahkan, gimana berminat mencoba? Selain mudah dan gampang, budidaya ikan cupang juga sangat memiliki prospek yang baik. pemasaran yang mudah dan tidak memiliki modal yang cukup besar membuat peluang usaha ini kian terbuka.

terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment