Monday, May 25, 2015

Mengenal Jenis Lampu Untuk Aquascape

Hallo sobat, disekmen Hobi (Aquascape) kali ini admin akan membuat artikel tentang Mengenal Jenis Lampu Untuk Aquascape. Pencahayaan adalah penting bagi pertumbuhan tanaman dan kesehatan ikan di akuarium. Hal ini terutama penting didalam tangki aquascape saat merawat jenis tanaman dengan persyaratan cahaya tinggi. 

Di alam matahari adalah satu-satunya sumber pencahayaan untuk tanaman air tawar dan untuk mereplikasi ini membutuhkan lampu yang sangat terang.

Dengan T5 atau metal halide, 2-3 watt lampu per galon air sudah cukup. Sebuah tangki yang lebih dalam membutuhkan lebih banyak cahaya sedangkan tangki yang dangkal membutuhkan lebih sedikit. Suhu bola lampu harus dijaga antara 6700k – 10000k. Pada suhu tersebut mirip dengan / hampir mendekati cahaya matahari dan memberikan tanaman spektrum cahaya yang dibutuhkan untuk tumbuh.

Lampu LED baru-baru ini telah meluas, tersedia dan terjangkau. Lampu LED memanfaatkan teknologi terbaru memungkinkan untuk menggunakan watt yang lebih rendah dengan output yang sama. Mereka sangat gampang dikustom dan banyak produk komersial tersedia dalam berbagai spektrum. Mereka melepaskan panas yang sedikit dan menggunakan daya yang lebih kecil, pilihan yang sangat baik untuk aquarist modern. 1w per galon cukup untuk tanaman aquascape.

Metal Halide

Metal Halide sangat terang mulai 100-400 watt. Halida menjadi satu-satunya sumber cahaya yang dapat memberikan efek berkilauan di akuarium yang kadang-kadang diinginkan. Bagian bawah dari Metal Halida akan menjadi sangat panas saat digunakan dan harus digantung atau diletakkan di atas tangki. Mereka menggunakan lebih banyak energi untuk output yang sama bila dibandingkan dengan teknologi yang lebih baru seperti T5S dan LED. Halida model klip lebih mudah untuk dipasang dan mereka adalah pilihan yang baik untuk akuarium kecil yang dalam. Sejak diperkenalkannya teknologi LED, lampu Metal Halida secara perlahan mulai tersingkir karena kurang ekonomis.

  • Keuntungan – Sangat cerah dan berguna untuk tangki yang dalam. Dapat memberikan efek berkilauan seperti di alam. 
  • Kekurangan –Sangat panas dan dapat meningkatkan temperatur tangki. Tidak efisien dan boros daya dibandingkan dengan teknologi lainnya.

T5 – Fluorescent

T5 adalah teknologi yang lebih baru daripada metal halida. T5 lebih tipis dan terang, saudara dari T8 fluorescent. T5 dapat mengeluarkan watt tinggi yang didistribusikan secara merata ke akuarium. Hal ini akan membantu dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan pertumbuhan tanaman Anda di semua area akuarium. Tidak akan ada efek beriak di akuarium melainkan hanya sinar dari ujung ke ujung. Lampu T5 harganya terjangkau / wajar namun bola lampu khusus bisa sangat mahal. Mereka juga perlu diganti jauh lebih sering daripada LED karena spektrum lampu dapat berubah dari waktu ke waktu yang berkontribusi terhadap pertumbuhan alga.

  • Keuntungan- lebih tipis dan terang.
  • Kekurangan- biaya awal lampau bisa sangat mahal. Tidak ada efek beriak yang meniru alam. Kurang efisien daripada perlengkapan LED.

Lampu LED

LED adalah teknologi pencahayaan terbaru yang muncul di perlengkapan akuarium. LED didukung oleh teknologi yang sudah disetting untuk pertumbuhan tanaman indoor. Teknologi ini dengan cepat menjadi lebih murah dan lebih maju daripada T5 atau metal halide. LED dengan watt tinggi sangat terang dan dapat dikombinasikan dengan lensa untuk tangki yang dalam. Rumahan lampu LED akan kurang efisien tapi memberikan akuarium penampilan mendesir yang meniru alam. LED strip bisa kurang efektif dan pembeli harus yakin bahwa LED yang mereka beli merupakan LED dengan kualitas dan watt tinggi yang akan memberikan pencahayaan yang tepat untuk tanaman.

  • Kelebihan – efisien, hanya membutuhkan daya yang lebih sedikit untuk pencahayaan yang sama. Lampu tidak perlu diganti sampai 50.000 jam. LED memancarkan panas yang rendah dan karena ukurannya yang kecil mereka adalah perlengkapan yang ringan.
  • Kekurangan – biaya setup awal tinggi.

Memilih lampu Aquascape

Memilih lampu yang tepat adalah penting baik untuk penampilan estetika maupun untuk pertumbuhan tanaman. Cahaya matahari sekitar 6500K (kelvin adalah satuan warna temperatur). Dibawah 6000k warnanya akan menjadi kuning dan membuat tangki kelihatan tidak menyenangkan. 10000k berwarna putih terang dan seharusnya adalah spektrum atas untuk lampu aquascape. T5 dan LED adalah yang paling efektif dengan spektrum warna antara 6700k – 10000k. Ketika menggunakan metal halide 10000k adalah pilihan yang aman, baik untuk warna maupun pertumbuhan. Hindari lampu warna biru/hias karena tidak memberikan efek untuk pertumbuhan dan kesehatan tanaman.

Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih sudah berkunjung, sampai bertemu lagi di artikel berikutnya. 

No comments:

Post a Comment